Single Blog Title

This is a single blog caption
8 Nov 2023

ITB 86: Cerita Catur di Jatinangor

Chess is everything: Art, science, and sport

Anatoly Karpov (Grandmaster catur Rusia dan mantan juara dunia)

 

Minggu 5 November 2023. Hari belum lagi terang, namun panitia sudah bersiap di GOR Futsal ITB Jatinangor untuk menyambut para peserta yang sudah sangat antusias untuk mengikuti Kejuaraan Catur Tingkat Nasional –ITB86 Bidak Ganesha, yang untuk ketiga kalinya diadakan Bageur Geulis ITB86. Kegiatan pertama berlangsung pada 2016, dan kedua pada 2019.

 

Seperti yang ditulis dalam di http://itb86bidakganesha.com, ITB dikenal sebagai salah satu perguruan tinggi negeri di Indonesia yang memiliki jurusan teknik, sains, serta seni rupa dan desain, dan sangat peduli dengan program ekstrakurikuler bagi mahasiswa-mahasiswinya, apakah itu terkait langsung dengan sains, seni, maupun olahraga—yang fasilitasnya melimpah di kampus ITB. Catur merupakan salah satu cabang olahraga yang tumbuh cukup subur di kampus ITB, dengan nama unit kegiatannya adalah PERCAMA (Persatuan Catur Mahasiswa ITB).

 

Pemilihan kejuaraan catur khusus untuk pelajar bukan tanpa alasan. ITB86 ingin membantu proses pembinaan dan pemberian wadah bagi para pecatur muda agar bisa sering berkompetisi, untuk mendapatkan pengalaman dengan cara yang benar sehingga nantinya bisa memunculkan grand master-grand master baru yang akan mengharumkan nama Indonesia di tingkat internasional.

 

Tercatat ada 410 peserta yang lolos konfirmasi, dengan peserta termuda berusia 4 tahun (kategori PAUD). Total peserta kategori PAUD 24 anak, SD kelas 1-3 89 anak, SD kelas 4-6 124 anak, SMP 85 anak, dan SMA 78 anak. Peserta datang dari seluruh penjuru pulau Jawa. Sebenarnya terdaftar juga peserta terjauh dari Toraja dan Langsa-Aceh, namun batal hadir.

 

Dalam sambutannya, ketua panitia Bayu Hanggoro (Teknik Sipil ITB86) menyampaikan terima kasih kepada pihak ITB Pusat dan ITB Jatinangor yang sudah memberikan tempat dan kesempatan sehingga ITB86 sehingga dapat menyelenggarakan acara ini, dan menyampaikan apresiasi kepada peserta yang akan bertanding. Kegiatan ini dilaksanakan mandiri dengan kekuatan panitia berjumlah 60 orang volunteer yang merupakan kombinas Alumni ITB86, unit catur PERCAMA, dan alumni ITB lainnya, tanpa melibatkan event organizer.

 

Sebaliknya, Kepala Kantor Kealumnian ITB, Dede Koswara, A.Md.,ST. dalam sambutannya mewakili Rektor ITB menyampaikan terima kasih setinggi-tingginya kepada 8ageur 6eulis ITB86 yang sudah ikut menyemarakkan ITB Kampus Jatinangor dan yang secara konsisten selalu menyelenggarakan acara-acara bermanfaat bukan saja untuk ITB sebagai institusi tetapi juga kepada masyarakat.

 

Ketua Harian PERCASI Jawa Barat, Muhammad Ridho Eisy dalam sambutan, mengapresiasi acara ini dan berharap bisa berjalan secara konsisten karena ITB86 sudah mengobati kerinduan anak-anak penggemar catur untuk ikut turnamen yang diselenggarakan secara profesional.

 

Acara yang berlangsung di GOR Futsal ITB Jatinangor ini berlangsung padat. Menggunakan sistem Swiss 7 babak dengan kontrol waktu masing-masing 15 menit + increment 5 detik. Setelah Tech meeting, Pembukaan dimulai jam 08.30. Pertandingan babak 1 dimulai tepat jam 09.00,dan babak 7 berakhir pada 16.55. Acara ditutup dengan pengumuman juara 9 kategori. Masing-masing kategori memilih 10 pemenang, dengan total hadiah Rp 86.000.000. Seluruh 18 wasit yang terlibat memiliki sertifikat nasional, dengan ketua wasit Endar Sakti Lubis, S.Si., M.Si., IA, FI, CM, pemegang lisensi Wasit Internasional (IA).

 

Ada hal menarik lainya dari acara di Jatinangor ini, selain tersedia tenda-tenda bazar menjual pelbagai kuliner untuk peserta, juga tersedianya angkutan feeder, berupa shuttle bus TAMPOMAS yang mengangkut peserta dari gerbang ITB Jatinangor menuju GOR. Ketersediaan TAMPOMAS bagi peserta yang banyak dari luar daerah, menjadi tambahan keseruan hiburan dan kegembiraan.

 

Panitia secara khusus menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh sponsor dan donator sehingga memungkinkan keseluruhan acara terselenggara dengan lancar:

PT. Pertamina, PT. Telkom, PT. Dewata, Railink (KAI Bandara), PT. Pertamina Drilling, PT. Solo Murni, Gloya, Bank BJB. Dan komunitas-komunitas pendukung: IA ITB, ITB86 Bageur Geulis, ITB Masters Golf, Radio ITB86, Beukicot ITB86, The Master Café, Warung 86, Soma Cafe.

 

Selain itu, terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada para peserta dan para orangtua/wali peserta yang sudah bekerja sama dengan sangat baik dengan panitia, sehingga acara berlangsung dengan lancar, tertib, dan (semoga) sesuai harapan. Selamat untuk para juara, dan tetap semangat untuk seluruh peserta. Teruslah berlatih, bermimpilah setinggi langit, karena jika engkau jatuh, engkau jatuh di antara bintang-bintang.

 

Akhirnya, panitia ITB86 Bidak Ganesha menyampaikan permohonan maaf sebesar-besarnya apabila dalam penyelenggaraan kegiatan ini terdapat kekurangan mengingat keterbatasan sumber daya kami. Dengan evaluasi yang akan segera dilakukan, kami berkeyakinan di masa mendatang acara kejuaraan catur tingkat nasional ini bisa berjalan dengan lebih baik. Insya Allah.

 

Salam Gens Una Sumus (Kita Satu Keluarga)

 

ITB86 Bidak Ganesha #3, 2023

@itb86bidakganesha

#itb86bidakganesha2023

 

3 Testimoni dari Orang Tua Peserta :

1. Selamat malam.

Terima kasih kepada seluruh panitia dan penyelenggara. Event berjalan dengan baik, tertib dan nyaman.

Panitia sangat informatif, ramah, dan membantu saat mendampingi perlombaan terutama untuk adik-adik PAUD.

Barang-barang juga aman dan diperhatikan.

Ditunggu event selanjutnya

🙏🏾😊

GENS UNA SUMUS

 

2. Acaranya keren..tersusun rapih..panitia ramah. Fasilitas yg didapat rasanya jauh lebih banyak dari biaya pendaftaran. Hanya bayar 80rb dapet baju, buku, pulpen, snack2 dan makan siang😍. Anak2 juga jd termotivasi kuliah di ITB😍

 

3. Salut pakai time keeper👍 dan benar benar steril ini susah, ini yang harus dicontoh oleh penyelenggara pertandingan catur yang lain. Dari setahun terakhir ikut pertandingan catur, ini yang paling memuaskan dalam menerapkan peraturan pertandingan yang diumumkan dan dibuat oleh panitia sendiri. Semoga banyak penyelengara pertandingan membaca ini 👍

 

Questions? Let's Talk!