Single Blog Title

This is a single blog caption
25 Apr 2024

“G45 TALKS x YBM BRI” Pengembangan Potensi Diri bagi Penerima Bright Scholarship

SEMINAR “G45 TALK KE 2”
Pengembangan Potensi Diri bagi Penerima Bright Scholarship, Beasiswa dari YBM-BRI (Yayasan Baitul Mal BRI)

 

Setiap mahasiswa yang mulai memasuki lingkungan baru baik yang berkaitan dengan situasi-situasi tugas kuliah maupun lingkungan sosial, perlu melakukan penyesuaian diri baik disadari maupun tidak disadarinya. Dalam menghadapi situasi seperti itu, ada kemungkinan dua proses psikologis yang terjadi yaitu tuntutan beradaptasi atau menyesuaikan diri (adjustment).

 

Oleh karena proses adaptasi ataupun penyesuaian diri ini sangat penting dan berpengaruh terhadap optimalisasi potensi diri untuk melaksanakan pekerjaan atau tugas di masa depan dengan berhasil (sukses), maka sejauh mana para mahasiswa mengenali potensi dirinya dan siap mengembangkan potensi tersebut. Dalam paparan yang disampaikan oleh para nara sumber pada acara Seminar G45 Talk ke 2 ini dijelaskan mengenai Pengenalan Potensi Diri dan Pengembangan Potensi Diri.

 

IA ITB Pengurus Jawa Barat bekerja sama dengan G45 mengadakan seminar pada hari Sabtu, tanggal 20 April 2024 bertempat di Ruang Auditorium CC Timur, Kampus Institut Teknologi Bandung dengan tema Pengembangan Potensi Diri, dengan mengundang dua nara sumber. Tema pertama How to Do a Great Community Based Social Project, dengan pembicara M. Yudiaputra Mashudi, S.Ds., MSM yang merupakan aktivis sosial dan wirausahawaan, juga pengalaman selama menjadi Direktur Operasional di PT Purnatarum Murni Rahayu Putra.

 

Kemudian tema kedua tentang The Art of Influence, Initiative, and Social Movements oleh Tri Mumpuni Wiyatno salah seorang yang mempopulerkan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) serta sebagai Direktur Eksekutif Institut Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan.

 

Adapun sebagai moderator adalah Ari Rachman & Baihaqi M. Syani, dihadiri oleh 46 orang peserta terdiri dari penerima beasiswa Bright Scholarship dari YBM BRI, Leadership in Action Summit, peserta KKN dan peserta dari umum diantaranya dari UNPAD dan UPI.

 

Acara berjalan dengan lancar, disambut dengan antusias oleh para peserta. Maksud penyelenggaraan acara ini adalah dalam rangka pembinaan kepada para mahasiswa penerima beasiswa Gen 45 yaitu program beasiswa yang bertujuan sebagai wadah pencetak pemimpin masa depan. Program ini didesain untuk melatih, mendukung, mengembangkan, dan menguatkan bagi peserta penerima beasiswa terdiri dari mahasiswa semester tiga sampai dengan semester delapan. Diharapkan para penerima beasiswa khususnya dapat menjadi pemimpin masa depan yang mampu mewujudkan visi gemilang Indonesia, mencakup nilai-nilai religius, kebangsaan, wawasan global, profesionalisme, dan kepedulian sosial.

 

Pelaksanaan seminar bertujuan untuk menambah wawasan dan keterampilan penerima beasiswa meliputi mindset, softskill maupun hardskill sehingga mencapai perubahan positif sesuai dengan yang telah ditargetkan.

 

Harapan kami dengan diadakannya seminar ini terutama dengan tema khusus terkait dengan proyek sosial adalah dapat menumbuhkannya minat dan semangat teman-teman awardee Beasiswa Gen45 dan peserta seminar lainnya untuk bisa memberi dampak nyata kemasyarakat sekecil apapun itu.

 

(Haqi – Pengurus Beasiswa Gen45)

Questions? Let's Talk!