Single Blog Title

This is a single blog caption
16 Aug 2023

Reuni 20 Tahun TI 2003 ITB: Kumpul, Kolaborasi, dan Kontribusi untuk Memantapkan Jejak Prestasi

Bandung, 14/08/2023 – Kampus Ganesha menjadi saksi perhelatan reuni yang penuh makna, saat para alumni Program Studi Teknik Industri angkatan 2003 berkumpul untuk merayakan dua dekade perjalanan dan kebersamaan mereka. Acara berlangsung di Kampus ITB, Jl. Ganesha No. 10, Bandung pada Sabtu (12/08) lalu dengan diisi berbagai rangkaian kegiatan yang juga melibatkan segenap civitas akademica, yaitu para dosen dan pengurus aktif Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (MTI).

 

Para alumni Teknik Industri ITB angkatan 2003 (TI 2003) telah menapaki perjalanan panjang sejak kelulusan mereka dan mencatat prestasi di berbagai sektor industri, baik di dalam maupun luar negeri. Mulai dari dunia wirausaha hingga akademisi, prestasi mereka menjadi bukti nyata dari pendidikan unggul dan nilai-nilai yang ditanamkan oleh ITB. Kegiatan Reuni Dua Dasawarsa dengan tema “Kumpul. Kolaborasi. Kontribusi” menjadi momen penting untuk mereka rehat sejenak melihat ke belakang, memahami situasi sebagai angkatan, dan berkontribusi kepada kampus dan masyarakat sebagai keluarga besar.

 

Dalam hal “KUMPUL”, keberhasilan yang dicapai adalah 94% dari total 128 orang alumni melakukan RSVP sebagai parameter keterangkulan (reach) dengan 60 alumni hadir offline dan sekitar 30 hadir online. Kegiatan ini pun dihadiri oleh sejumlah dosen sebagai upaya menjalin silaturahmi dan apresiasi bagi para sosok yang membentuk mereka di masa lalu.

 

Sorotan utama lainnya dari kegiatan ini adalah momen “KOLABORASI” antara TI 2003 dengan Prodi TI dan MR ITB untuk memberi dua (2) “KONTRIBUSI” nyata bagi almamater.

 

Yang pertama, sumbangan dana untuk renovasi Taman Batu TI — sebuah ruang publik di dalam kampus yang memiliki peran besar dalam mendukung berbagai aktivitas civitas akademika TI ITB. Sumbangan ini bersumber dari partisipasi lebih dari 70% alumni TI 2003. Hal ini mencerminkan dedikasi para alumni TI 2003 dalam memberikan kontribusi kepada almamater dan mewujudkan warisan yang berkesinambungan bagi generasi mahasiswa ITB di masa depan.

 

Yang kedua, TI 2003 berkomitmen untuk berkontribusi pada program mata kuliah “Kapita Selekta” yang bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa tingkat akhir TI ITB saat ini, baik dalam penyusunan skripsi maupun persiapan menghadapi pilihan karir pasca perkuliahan. Program yang akan berlangsung di kampus ITB Ganesha dan Cirebon ini harapannya dapat mempertemukan mahasiswa dengan para mentor alumni agar upaya perluasan wawasan, panduan, dan peluang berjejaring dapat terjalin dengan lebih mudah.

 

“Bertemu lagi setelah 20 tahun yang lalu bersama-sama menjadi mahasiswa baru di ITB dan kembali merasakan kebersamaan tanpa melihat jabatan atau bentuk kesuksesan lainnya menjadi pengalaman emosional yang sangat positif dan membahagiakan bagi kami semua”, ujar Sandi Nugraha Sutanto (134.03.033), sebagai Ketua Angkatan TI 2003.

 

“Kami tidak hanya merayakan kebersamaan, tetapi juga mengungkapkan rasa terima kasih kepada ITB dan para dosen karena telah membentuk kami menjadi diri kami saat ini. Kontribusi kami untuk Taman Batu TI dan program Kapita Selekta adalah salah satu bentuk penghargaan kami kepada institusi yang telah memainkan peran sentral dalam perjalanan kami.”, lanjutnya.

 

Beragam acara reuni lainnya meliputi diskusi panel bersama adik-adik anggota dan calon anggota MTI (himpunan mahasiswa TI dan MR), tur keliling Labtek dan kampus, program matchmaking kebutuhan internship dan Tugas Akhir mahasiswa TI dan MR saat ini, hingga informasi interaktif terkait persebaran alumni TI 2003 di berbagai sektor industri dan berbagai belahan dunia saat ini.

 

Komitmen alumni TI 2003 terhadap almamater dan generasi masa depan ITB merupakan contoh cemerlang dari semangat ITB dalam hal inovasi, kepemimpinan, dan tanggung jawab sosial.

 

Seiring berakhirnya reuni, mereka berjanji untuk terus berkolaborasi dalam mendukung misi ITB dalam mengembangkan pendidikan tinggi teknik yang unggul — didukung dengan slogan yang tertanam semenjak masa PPAB (ospek jurusan) MTI 2003:

 

Kami Yakin. Kami Bisa. Itu Pasti!

 

Untuk pertanyaan media dan informasi lebih lanjut, silakan hubungi:

Mona Luthfina

Ketua Humas dan Internal Relation

Tim Balik Layar Dua Dasawarsa TI ITB 2003

monaluthfina@gmail.com

Questions? Let's Talk!