Single Blog Title

This is a single blog caption
18 Oct 2022

Beasiswa Luar Biasa (BLB): Alumni ITB Patungan UKT Mahasiswa ITB

Setelah berjalan selama delapan periode, pada Agustus 2022 Beasiswa Luar Biasa (BLB) membuka pendaftaran BLB Periode 9 bagi mahasiswa aktif S1 ITB. Beasiswa yang diberikan berasal dari aksi gotong royong 624 orang donatur, yang merupakan alumni-alumni muda ITB, dengan jumlah donasi diperkirakan mencapai Rp935.050.000,00 yang disalurkan pada dua periode ke depan. Berdasarkan proses seleksi, telah diperoleh 109 orang penerima beasiswa (beswan) BLB pada periode ini. Tak hanya bantuan biaya UKT dengan total penyaluran donasi Rp480.032.500,00, para beswan tersebut juga memperoleh bantuan pulsa, pembinaan, dan mentorship dari alumni muda ITB yang bergerak di berbagai sektor untuk memaksimalkan potensi dirinya, baik di kehidupan kampus maupun pasca-kampus.

 

BLB Periode ke Periode

BLB didirikan pada tahun 2017 sebagai suatu bentuk inisiatif melihat banyaknya mahasiswa ITB dengan kendala finansial yang sulit mendapatkan beasiswa. BLB menjunjung nilai inklusivitas dengan tidak memberikan persyaratan IP/IPK minimum maupun persyaratan semester, sehingga dapat menyediakan kesempatan bagi mahasiswa yang tidak terakomodasi dalam sistem beasiswa pada umumnya.

 

Selama 8 periode program beasiswa BLB berlangsung, BLB mengalami perkembangan yang signifikan. Jumlah beswan meningkat dari periode ke periode, begitupun dengan jumlah donatur dan dana beasiswa yang berhasil disalurkan. Sejak Desember 2021, BLB pun akhirnya resmi menjadi sebuah yayasan, Yayasan Beasiswa Luar Biasa, sebagai langkah strategis dalam pengembangan BLB yang berkelanjutan dan peningkatan kepercayaan publik yang telah terbangun.

 

Pembukaan BLB Periode 9

Pada 24 September lalu, BLB Periode 9 pun menyelenggarakan pembukaan sekaligus Pembinaan Day-1 yang bertajuk “Kenal Lebih Dekat dengan BLB!”. Kegiatan ini menjadi kegiatan luring pertama BLB setelah dua tahun berkegiatan secara daring akibat pandemi. Selain beswan dan pengurus BLB, pembukaan BLB Periode 9 juga dihadiri perwakilan Direktorat Kemahasiswaan (DITMAWA) ITB, Direktorat Pendidikan (DIRDIK) ITB, Kantor Kealumnian ITB, dan Badan Pengelola Usaha dan Dana Lestari (BPUDL) ITB.

 

Sesuai tajuk kegiatan, beswan BLB 9 diberikan pengenalan lebih lanjut mengenai BLB dengan talkshow bersama Faris Hafizh Makarim, Wakil Ketua Yayasan BLB. Beswan yang hadir tampak antusias mendengarkan kisah panjang perjalanan BLB serta mimpinya untuk selalu menebar kebermanfaatan yang luar biasa dari aksi kebaikan bersama.

 

“Pada akhirnya, hal yang luar biasa adalah bahwa kita bersama-sama. ‘Sendiri bisa, bersama luar biasa’, gitu ‘kan. Jadinya, dengan bersama-sama kita bisa bermanfaat—karena pada dasarnya kalau kita tidak bersama-sama, Beasiswa Luar Biasa juga tidak akan ada,” tutup Faris pada penyampaian materinya.

 

Kegiatan ini kemudian ditutup dengan penyerahan simbolis beasiswa dari pengurus BLB kepada Badan Pengelola Usaha dan Dana Lestari (BPUDL) ITB yang diwakili oleh Dr. Ahmad Faizal, S.Si., M.Si. Beliau pun menyampaikan apresiasi serta dorongan kepada para beswan juga pengurus BLB untuk terus berjejaring membentuk dan memberikan manfaat-manfaat luar biasa kepada almamater.

 

“Saya yakin dan percaya bahwa alumni ITB akan menjadi orang berhasil. Yang diharapkan, alumni ITB juga berhasil membentuk suatu jejaring yang kemudian menghasilkan suatu karya dan inovasi yang luar biasa seperti ini,” tutur Bapak Ahmad Faizal.

 

Penulis: Dinda Alshauma

Questions? Let's Talk!