Single Blog Title

This is a single blog caption
24 Mar 2023

Pelaksanaan Donor Darah dan Pemeriksaan Kesehatan Tenaga Keamanan dan Kebersihan ITB dalam Rangkaian 30 Tahun ITB93

Menebar Kebaikan, Memberi Manfaat

Pelaksanaan Donor Darah dan Pemeriksaan Kesehatan Tenaga Keamanan dan Kebersihan ITB dalam Rangkaian 30 Tahun ITB93

 

Persediaan darah Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung, Jawa Barat semakin menipis. Judul berita ini sering kita lihat di berbagai media. Berbagai kegiatan donor darah pun sering dilakukan untuk memenuhi kebutuhan darah pasien yang membutuhkan. ITB93 telah mengadakan donor darah bersama himpunan mahasiswa 4 Labtek ITB pada tahun 2013 dalam rangka 20 tahun ITB93. Kali ini, dalam rangka 30 tahun, ITB93 kembali mengadakannya bersama Palang Merah Indonesia dan Rumah Amal Salman.

 

Pelaksanaan donor darah dilakukan selama 2 hari yaitu 9 Maret dan 10 Maret 2023 di ruang serbaguna Masjid Salman ITB. Pemilihan tanggal 9 Maret atau 9.3, karena tanggal ini selalu dijadikan sebagai tanggal yang mengingatkan ITB93 untuk memberikan 1 langkah bersama memberikan manfaat kepada sesama sehingga terjalin ribuan Selangkah Seirama dari Alumni ITB93.

 

Sebanyak 86 kantong darah telah berhasil dikumpulkan dari 94 pendaftar yang lolos skrining terlebih dahulu untuk memastikan pendonor siap untuk mendonorkan darahnya dan tentunya darah yang diperoleh memenuhi persyaratan. Dewi, alumni Jurusan Teknik Industri ITB93 dan Asti dari Jurusan Teknik Arsitektur ITB93 yang juga sebagai pendonor, mengatakan kegiatan ini sangat bermanfaat selain juga bisa bertemu dengan alumni lainnya. Selain alumni, dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa dan juga tenaga keamanan ikut dalam kegiatan donor darah ini.

 

Setelah 2 hari melaksanakan donor darah, hari ke-3 diisi dengan Pemeriksaan Tenaga Kebersihan dan Tenaga Keamanan ITB. Mereka adalah garda terdepan yang melaksanakan ketertiban dan menjaga lingkungan ITB untuk tetap sehat dan asri. ITB93 bekerja sama dengan Direktorat Sarana Prasarana ITB sebagai narasumber untuk pendataan petugas, PT. Helix sebagai penyedia kit pemeriksaan darah dan tenaga kesehatan, Sekolah Farmasi ITB dengan Apotek Pendidikan SF ITB penyedia konsultasi dengan Apoteker, UPT Pelayanan Kesehatan ITB penyedia konsultasi dokter dan Himpunan Mahasiswa Ars Praeparandi sebagai pelaksana teknis. Acara dibuka oleh Ketua Pelaksana Tjetjep Suryana yang merupakan Koordinator Jurusan Farmasi ITB93 dengan dibantu oleh Ema Komala dan Catur Riani dengan dukungan Alumni Farmasi ITB93 mengordinir kegiatan kali ini.

 

Sebanyak 242 peserta melakukan pemeriksaan terdiri dari 224 tenaga kebersihan dan keamanan serta 18 alumni dan panitia. Pak Feri, petugas keamanan dari ITB Jatinangor, merasa terbantu dengan acara ini. Panitia dan tenaga kesehatan, menurutnya ramah dan informatif. Tak lupa Pak Feri memohon agar acara ini dapat terus dipertahankan. Selain itu, Pak Feri merasa lega karena hasil pemeriksaan tekanan darah, gula darah, kolesterol dan asam uratnya normal. Diskusi dengan apoteker juga memudahkan Pak Feri untuk mendapatkan informasi hidup sehat.

 

Ketua Reuni ITB93 Niknik Dewi Pramanik yang hadir pun mengapresiasi kerja panitia dan merasa terharu melihat banyaknya peserta.

 

Kegiatan ini tidak akan berlangsung lancar tanpa bantuan semua pihak yang sangat membantu: IAITB93, Panitia Reuni 30 Tahun ITB93, Direktorat Sarana dan Prasarana, Kantor Kealumnian, Sekolah Farmasi ITB, Apotek Pendidikan SF ITB, Himpunan Mahasiswa Ars Praeparandi, UPT Pelayanan Kesehatan ITB, Palang Merah Indonesia dan Rumah Amal Salman. Para sponsor: PT. Helix, PT Natur Gondowangi, PT Phapros, PT Solas, PT. Simex. Para Donatur IAFA93, Ahmad Zaky TI93, Ully TK93, Tutin AR93 dan Lydia FT93.

 

Penulis: SD, Farmasi ITB93

 

Questions? Let's Talk!