Single Blog Title

This is a single blog caption
15 Feb 2023

[15 FEB 2023] Studium Generale Ibu Kota Nusantara: Kota Hutan Berkelanjutan

Studium Generale 15 Februari 2023

Pukul 09.00-10.45 WIB

 

Institut Teknologi Bandung dengan hormat mengundang Bapak/Ibu untuk menghadiri Studium Generale dengan pembicara Ir. Bambang Susantono, MCP., MSCE., Ph.D. (Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN)) dengan topik “Ibu Kota Nusantara: Kota Hutan Berkelanjutan” yang dapat diikuti melalui Live Streaming Youtube ITB Official berikut:

 

https://www.youtube.com/user/itbofficial/live

 

Ibu Kota Nusantara: Kota Hutan Berkelanjutan

 

Presiden Joko Widodo telah resmi mengesahkan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Nusantara. Hal itu menandai dimulainya pembangunan ibu kota baru Indonesia di Kalimantan Timur.

 

Nusantara didesain sebagai kota yang unik dan berbeda dari kota-kota lain di dunia. Sebagai kota hutan berkelanjutan (yang merupakan konsep yang baru dan pertama di dunia), sebanyak 65% kawasan IKN akan ditransformasikan menjadi hutan tropis. Selain itu, seluruh warganya akan dapat mengakses layanan kota mendasar dalam 10 menit. Dengan lingkungan yang terjaga serta dilengkapi dengan sistem pintar untuk meminimalisir emisi, Nusantara ditargetkan menjadi karbon netral karbon pada 2045.

 

Karena berbagai keunikannya, IKN dirancang untuk menjadi penggerak ekonomi Indonesia dengan membuka kesempatan kerja baru di berbagai sektor, termasuk di teknologi maju. IKN juga didesain untuk mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi nasional melalui kesembilan kluster ekonominya. Namun di luar itu, IKN juga akan berperan aktif dalam kampanye global untuk perubahan iklim, dan berpotensi menjadi jawaban bagi berbagai tantangan yang saat ini dihadapi dunia.

Questions? Let's Talk!