Single Blog Title

This is a single blog caption
21 Dec 2022

Rangkaian Kegiatan Rakernas dan KLB IA ITB

Bangka Belitung, 16- 18 Desember 2022

 

Jum’at, 16 Desember 2022, Gala Dinner di Rumah Dinas Gubernur Bangka Belitung

Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggandeng Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA-ITB) mengembangkan teknologi pertanian, guna meningkatkan produksi untuk menekan inflasi di Negeri Serumpun Sebalai itu.

 

Saat ini hampir 80 persen kebutuhan pokok masyarakat masih didatangkan dari luar daerah, karena hasil pertanian petani yang masih rendah.

 

Rakernas KLB IA-ITB 2022, di Graha PT Timah Tbk Kota Pangkalpinang, merupakan momentum Pemprov Kepulauan Babel untuk mempererat kerja sama dengan IA-ITB dalam mengembangkan teknologi sektor pertanian, perikanan, UMKM dan sektor lainnya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Saat ini kami memfokuskan untuk meningkatkan hasil pertanian seperti beras, bawang, cabai dan kebutuhan pangan masyarakat lainnya untuk menekan inflasi.

 

Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi Kepulauan Babel aktif dan mendorong para petani mengembangkan pertanian berbasis teknologi untuk meningkatkan produksi padinya.

 

Sabtu, 17 Desember 2022, di Gedung Graha Timah

Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Ridwan Djamaluddin hadir dalam Pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dan Kongres Luar Biasa (KLB) Tahun 2022 Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA-ITB) di Gedung Graha Timah, Sabtu (17/12/2022). Saat membuka Rakernas tersebut, menyampaikan harapannya terhadap ratusan alumni ITB yang datang ke Bumi Serumpun Sebalai ini.

 

Diantanya ada dua harapan dari Rakernas dan KLB IA-ITB, ingin ada hal yang membekas untuk Kepulauan Bangka Belitung. Pertama kuliner Babel bisa menjadi terkenal. Permasalahannya di sini, banyak kuliner yang hanya bisa tahan beberapa hari, padahal sangat bagus kalau bisa bertahan lebih lama. Jadi, bagaimana caranya memikirkan untuk mengawetkan makanan yang enak tersebut, Kedua, tentang teknologi IT, bagaimana menyediakan pemasaran secara digital untuk kuliner-kuliner Kep. Babel dalam waktu yang efektif.

 

Rakernas dan KLB IA-ITB dengan tema “Teknologi Berdaya, UMKM Naik Kelas” ini, resmi dibuka dengan ditandai pemukulan gong oleh Pj Gubernur Ridwan Djamaluddin dan Ketua Umum IA-ITB Gembong Primadjaja. Dilanjutkan dengan penandatanganan Inisiasi Program Hilirisasi Lada Putih antara Pemprov. Kep. Babel dengan Pengurus Pusat IA-ITB dan IA-ITB Kep. Babel. Berdasarkan hasil laporan dari Hanung sebagai Deputi Bidang UKM Kementrian Koperasi dan UKM, 60 % perekonomian itu dari UMKM.

 

Tak hanya membahas UMKM, Pj. Gubernur Ridwan juga mengatakan bahwa Kep. Babel memiliki thorium dan silika atau kuarsa yang telah menarik beberapa investor seperti Amerika, China, dan Kanada. Untuk itu, ia berharap dengan kedatangan tokoh-tokoh hebat alumni ITB ini dapat membantu memicu ide-ide segar untuk kemajuan Kep. Babel.Sejalan dengan tujuan diadakannya Rakernas ini yakni untuk membantu memperkuat dan pemulihan ekonomi, dengan membuat program bersama.

 

Setelah membuka rakernas, Pj. Gubernur didampingi Sekretaris Jenderal IA-ITB Arya Sinulingga dan Ketua Umum IA ITB Gembong, mencoba motor listrik dari PLN, dan mengunjungi stand-stand UMKM Kep. Babel.

 

Minggu, 18 Desember 2022, Kawasan Terminal VIP Bandara Depati Amir

Sebagai rangkaian dari Rapat Kerja Nasional dan Kongres Luar Biasa (KLB) IA-ITB di Negeri Serumpun Sebalai itu, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bersama Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA-ITB) mengadakan kegiatan penanaman 1.000 pohon kayu putih, dan peresmian Taman Ganesha di Kawasan Terminal VIP Bandara Depati Amir Pangkalpinang ini sejalan dengan program “Hijau Biru Babelku” yang telah digagasnya, dalam memulihkan lingkungan bekas penambangan bijih timah. “Program ini agar kembali hijau di darat, dan tetap biru di laut.

 

Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung saat ini sudah menyiapkan peta penanaman pohon dan ada 46.000 hektar, di lahan kritis milik pemerintah provinsi, tidak termasuk lahan kritis yang bukan milik pemerintah provinsi, untuk dimanfaatkan sesuai dengan pemetaan lokasi seperti mana yang cocok untuk budidaya udang vaname, serta mana yang cocok untuk bertanam porang.

 

Ketua IA-ITB Provinsi Kepulauan Babel Wiyono mengatakan, penanaman pohon juga dibuatnya Taman Ganesha, merupakan salah satu bentuk jejak terbaik IA-ITB yang telah menginjakkan kakinya di Bumi Serumpun Sebalai.

 

“Kegiatan ini menjadi salah satu bentuk bahwa IA-ITB telah meninggalkan jejak terbaik di Bangka Belitung,” kata Wiyono

Questions? Let's Talk!