Single Blog Title

This is a single blog caption
28 Nov 2022

ITB-86 8ageur 6eulis: Bencana Tak Dapat Ditolak, Mujur Tak Dapat Diraih

Hari itu, 21 November 2022, gempa berskala 5.8 richter mengguncang kota Cianjur. Guncanganpun dirasakan hingga Jakarta. Namun karena titik pusat gempa berada di wilayah Cianjur, wilayah ini yang paling terdampak.

 

Dan tidak hanya sampai disitu gempa susulan terjadi lebih dari 100 kali dengan guncangan lebih ringan tapi berdampak pada kerusakan dan menimbulkan akumulasi trauma bagi siapa pun di sana.

 

Masyarakat yang tidak terdampak, terutama yang berada jauh dari Cianjur segera bergerak. Salah satu diantaranya adalah Tim Tanggap Covid Alumni ITB 86 8ageur 6eulis, yang menjadi Tim Tanggap Gempa Cianjur ITB86, melengkapi apa yang dilakukan IA-ITB.

 

Memanfaatkan event lari Mandiri ITB Ultra Marathon 2022 yang rencananya akan diselenggarakan pada 9-11 Desember 2022 dimana rute akan melewati wilayah Cianjur, maka ITB86 tergerak untuk mengumpulkan donasi sebagai wujud empati pada musibah yang menimpa masyarakat Cianjur. Dan melalui twibbon pelari BeukiCOT 8ageur 6eulis mengajak untuk berdonasi dengan tema Peduli Cianjur.

 

Hanya dalam waktu 3 hari, terkumpul 55 juta rupiah. Yang segera kita wujudkan dalam bentuk bantuan yang sangat dibutuhkan oleh korban gempa. Untuk bantuan Cianjur, Tim Tanggap Gempa ITB86 lebih memfokuskan ke perlengkapan non logistik pangan, seperti: terpal multifungsi yang bisa digunakan sebagai atap, dinding, dan alas tenda, perlengkapan dapur umum, tali, selimut, pakaian layak pakai, popok dewasa, minyak kayu putih & minyak telon, bahkan kain kafan, dll.

 

Tim Tanggap Gempa ITB86 pada Jumat, 25 November 2022 langsung bergerak membawa 2 mobil pickup penuh muatan + 1 mobil wagon berisi barang-barang bantuan menuju lokasi-lokasi yang terdampak.

 

Medan yang sudah sulit karena hancur diakibatkan gempa, masih ditambah guyuran hujan yang membuat kondisi lapangan menjadi becek dan licin.

 

Namun dengan niat dan tekad untuk membantu meringankan nasib para pengungsi, seluruh tugas dapat dilaksanakan dengan baik. Alhamdulillah ada 3 lokasi yang mendapat bantuan dari penggalangan dana ini: Posko BPBD Cianjur, Posko relawan di kota Cianjur, dan Posko KMPA ITB (Kelompok Mahasiswa Pencinta Alam ITB) di Buni Kasih.

 

Semoga bantuan ini dapat bermanfaat bagi korban gempa.

 

Terima kasih tak terhingga untuk para donatur. (8ageur 6eulis)

Questions? Let's Talk!