Single Blog Title

This is a single blog caption
17 Nov 2022

[19 NOV 2022] Webinar Waste Management sebagai Penunjang Ketahanan Daerah

Pengurus Daerah Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA ITB) Bangka Belitung berkolaborasi dengan Pengurus Pusat IA-ITB dalam penyelenggaraan webinar berjudul “Waste Management sebagai Penunjang Ketahanan Daerah” yang rencananya akan diselenggarakan pada Sabtu, 19 November 2022. Webinar ini merupakan pre event Rapat Kerja Nasional IA ITB yang akan diselenggarakan pada 16-18 Desember 2022 yang akan datang di Bangka Belitung.

 

Wiyono selaku Ketua Pengurus Daerah IA ITB Bangka Belitung, mengatakan bahwa sebagian besar masyarakat mempunyai anggapan bahwa sampah tidak mempunyai manfaat untuk kehidupan. Padahal, sampah mempunyai kegunaan lain yang masih bisa dimanfaatkan, seperti sampah plastik yang mempunyai nilai ekonomis yang cukup menguntungkan.

 

“Banyak masyarakat yang masih memandang sampah sebagai barang yang tidak berguna dan tidak memiliki manfaat. Sedangkan, menurutnya, pengelolaan sampah perlu dilakukan dengan pendekatan dari hulu sampai ke hilir,” tutur Wiyono.

 

Selanjutnya, Ketua Panitia Daerah Rakernas IA-ITB 2022 Arifin Noor, menambahkan jika webinar ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan tentang pengelolaan sampah yang ideal.

 

“Webinar ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan tentang pengelolaan sistematis, menyeluruh, dan berkesinambungan, serta sebagai salah satu cara untuk memajukan ekonomi dalam jangka panjang tanpa menghabiskan modal alam, dengan cara memanfaatkan sampah untuk UMKM sehingga menunjang ketahanan daerah,” tutur Arifin.

 

Kegiatan ini rencananya akan dihadiri oleh sejumlah pemerintah daerah dan pemerintah pusat dan pejabat BUMN, yakni Pj. Gubernur Bangka Belitung Ridwan Djamaluddin, Deputi Bidang UMKM Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia Hanung Harimba Rachman, Direktur Pengelolaan Sampah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Novrizal Tahar, Direktur Sumber Daya Manusia PT Antam Basar Simanjuntak sekaligus Ketua Organizing Committee Rakernas IA-ITB 2022, dan Direktur Operasional dan Produksi PT Timah Purwoko.

 

Selain itu, kegiatan ini juga menghadirkan praktisi lingkungan Tini Martini dan Founder serta Chairman Mutik Pilah Sampah Fakrur Rozy. Acara ini akan dipandu oleh Aldy Mardikanto ini dimulai pukul 9.30 WIB dan dapat diakses melalui pranala bit.ly/webinar-rakernas3.

 

Sumber: https://www.kabaralam.com/berita/pr-5935697059/meriahkan-hut-babel-ke-22-ia-itb-babel-gelar-webinar-waste-management-sebagai-penunjang-ketahanan-daerah?page=all

Questions? Let's Talk!