Single Blog Title

This is a single blog caption
28 Jun 2022

Waspada PMK, Alumni Teknik Fisika ITB Uji Coba IoT untuk Cek Kondisi Hewan Kurban

Menjelang pelaksanaan kurban 1443 H kita semua diuji dengan wabah yang menyerang hewan ternak, yakni penyakit mulut dan kuku (PMK). Meski tidak menular kepada manusia akan tetapi kita tetap perlu melakukan quality control pada hewan kurban agar memenuhi nilai syariah dan tentunya rasa aman dalam beribadah.

 

Parsaulian Ishaya Siregar, Alumni ITB Teknik Fisika Tahun 1977 melakukan uji coba Internet of things (IoT) untuk pelaksanaan kurban di salah satu lembaga zakat di Bandung. IoT sendiri merupakan mekanisme yang dapat mempermudah untuk mengetahui kondisi kesehatan hewan dengan mengukur bobot serta suhu hewan secara real time.

 

“IoT merupakan sebuah ikhtiar agar pelaksanaan kurban bisa memenuhi syariah dan tentunya aman bagi setiap pengurban,” kata Parsaulian Ishaya Siregar.

 

Uji coba yang diadakan selama dua hari, Kamis – Jumat, 23 – 24 Juni 2022 ini berlokasi di Kandang Sapi Farm, Cikadut Kabupaten Bandung. Selama kegiatan, tim uji coba mengawasi alat dan tempat yang akan digunakan. Kegiatan ini disambut luar biasa oleh para peternak dan rencananya ke depan IoT kurban terpadu akan memantau pergerakan hewan qurban untuk lebih akurat dalam memonitoring hewan ternak.

 

“Di masa PMK ini perlu adanya QC secara cepat dan alat ini bisa mengukur bobot dan suhu hewan secara cepat dan akurat. Sehingga kondisi hewan bisa disajikan secara cepat dan dapat dipertanggungjawabkan kepada para pengurban. Ketika uji coba suhu rata – rata hewan harus memiliki 36 – 38°C untuk bisa dikategorikan aman, ” kata Dianturi, Project Officer IoT Kurban Terpadu.

 

Selain itu, akan ditambahkan menu lacak hewan yang bisa memantau keberangkatan hewan dari kandang, kemudian sampai ke lembaga pengelola, disalurkan kepada pengurban, lalu terakhir pada penerima manfaat kurban.

 

Pelaksanaan projek ini juga berkolaborasi dengan Politeknik Manufaktur Bandung dan PT. TBN sehingga semakin banyak orang – orang atau lembaga yang terlibat dalam kebaikan.