Single Blog Title

This is a single blog caption
20 Des 2021

ITB ULTRA MARATHON 2021: BEROLAHRAGA, BERKOMPETISI, BERGEMBIRA, DAN BERDEDIKASI UNTUK KAMPUS

Sabtu, 18 Desember 2021. Yayasan Solidarity Forever (YSF) menggelar ITB Ultra Marathon Exhibition Run sebagai rangkaian terakhir dalam kegiatan olahraga ITB Ultra Marathon 2021. Peserta Exhibition Run menempuh lintasan sepanjang 125 kilometer dari Kampus ITB di Jalan Ganesha, Kota Bandung, Jawa Barat menuju Kampus ITB di Cirebon.

 

Exhibition Run digelar secara offline pada Sabtu, 18 Desember 2021. Para pelari yang terdiri dari peserta individu, peserta grup beranggotakan dua orang (Relay 2/ R2), dan peserta grup beranggotakan lima orang (R5) memulai lintasan di depan Kampus ITB di Jalan Ganesha.

 

Direktur Pendidikan ITB Arief Hariyanto melakukan flag off untuk melepas para pelari dari garis start pada Sabtu dini hari. Hadir pula alumni ITB yang turut menyaksikan langsung pelepasan para pelari, di antaranya Ahmad Shalahuddin Zulfa selaku Ketua Pelaksana ITB Ultra Marathon; Susilo Siswoutomo selaku Ketua Yayasan Solidarity Forever dan Denda Alamsyah selaku Wakil Ketua Umum II Ikatan Alumni ITB. Acara ini mendapat dukungan penuh dari Rektor ITB Reini Wirahadikusumah.

 

ITB Ultra Marathon 2021 digelar dalam dua kompetisi yaitu secara offline dan online. Pesertanya terdiri dari alumni ITB, keluarga besar ITB, pelari profesional, hingga masyarakat luas.

 

Kompetisi secara offline digelar dalam bentuk Exhibition Run Bandung-Cirebon. Peserta berlari di lintasan sepanjang 125 kilometer, mulai dari Kampus ITB di Bandung – Kampus ITB Jatinangor – Kampus ITB Cirebon.

 

Sedangkan kompetisi secara online digelar sejak 19 November 2021. Peserta kompetisi online berasal dari berbagai wilayah di Indonesia, bahkan di luar negeri. Peserta berlari di wilayah masing-masing dengan lintasan sepanjang 100 kilometer. Pembuktian jarak tempuh menggunakan aplikasi. Publikasi kegiatan ini dilakukan melalui media sosial seperti Instagram live, YouTube, dan Facebook.

 

Panitia juga menggelar Ultra Cycling Challenge pada November 2021. Rutenya pun sama dengan maraton yaitu mulai dari Kampus ITB di Bandung menuju Kampus ITB Cirebon.

 

Kegiatan ini bertujuan menggalang solidaritas alumni dan keluarga besar ITB sebagai bentuk dedikasi pada almamater. Dalam kegiatan ini pula, panitia menggalang dana untuk pengembangan dan kualitas sarana dana kegiatan ITB. Beberapa sumbangsih yang telah dilakukan kegiatan YSF seperti pemberian beasiswa kepada mahasiswa berprestasi, pengembangan kualitas laboratorium, hingga menginisiasi riset vaksin Covid-19. Pada akhirnya, kegiatan-kegiatan itu bermuara untuk memberikan manfaat yang lebih besar bagi nusa dan bangsa Indonesia.

 

ITB Ultra Marathon 2021 pun mengusung misi memperkenalkan Kampus ITB di Cirebon ke masyarakat. Kampus ITB yang berlokasi di Arjawinangun itu merupakan anggota baru. Kegiatan pembelajaran di Kampus ITB Cirebon akan dimulai pada Januari 2022.

 

Untuk itu, setelah mencapai garis finish, para peserta ultra marathon akan disambut dengan kegiatan open house perkenalan Kampus ITB di Cirebon. Peserta akan dijamu dengan berbagai macam informasi hingga santapan khas Cirebon.

 

Berlari merupakan salah satu olahraga yang dapat meningkatkan imun tubuh. Kegiatan ini penting bagi kesehatan tubuh, terutama di masa pandemi Covid-19. Sehingga YSF dan panitia berharap kegiatan ini menjadi cara untuk menangani pandemi dari Tanah Air. Tentunya, pelaksanaan kegiatan mengikuti protokol kesehatan dari Satuan Tugas Penanganan Covid-19, yaitu mengenakan masker di area kampus, mengurangi kerumunan, dan menjaga jarak.

 

Selain berkompetisi dalam adu cepat, para peserta pun bisa saling bersilaturahmi serta memberikan dukungan kepada lawan. Sehingga suasana gembira tercipta dalam kegiatan tersebut. Selain itu panitia akan memberikan penghargaan kepada pelari pada 22 Desember 2021, bertepatan dengan peringatan Hari Ibu.

 

Adapun YSF sebagai penyelenggara merupakan salah satu yayasan yang digawangi alumni ITB, khususnya Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD). YSF merupakan bentuk kepedulian alumni untuk berdedikasi pada almamater dengan melakukan fundraising dari alumni serta networks.

 

YSF menggagas ultra marathon pada 2017. Sejak itu pula gelaran itu berlangsung setiap tahun. Kegiatan itu pun mendapat antusiasme dari para alumni dan pegiat marathon, yang setiap tahunnya bisa melibatkan ribuan peserta dan team support. Dalam kegiatan itu, YSF menggalang dana yang seluruh hasilnya diserahkan untuk pengembangan kualitas ITB. Khusus untuk tahun ini, hasil kegiatan didedikasikan untuk pembangunan “Teras FTMD” berupa sebuah tempat berkonsep co-working space, dimana mahasiswa, dosen, alumni bisa saling berinteraksi di luar ruang kuliah, dalam proses pembelajaran di ITB.

 

Jadi kegiatan ini bukan sekadar menjaga kesehatan tubuh, tapi menggelorakan kegembiraan sekaligus silaturahmi antar alumni, sekaligus memberikan dedikasi kepada ITB, sebagai bentuk pengabdian kepada bangsa Indonesia.

 

Pada 2021, ITB Ultra Marathon tak hanya mendapat dukungan dari para alumni dan civitas akademika. Kegiatan ini juga mendapat sokongan dari BNI, PGN, Aqua, dan Mizone. Untuk itu kegiatan mengucapkan terima kasih atas semua dukungan yang tak terhingga sehingga Ultra Marathon 2021 berjalan dengan baik.

 

Panitia ITB Ultra Marathon 2021

Foto: gallery.itbultramarathon.id