Single Blog Title

This is a single blog caption
26 Agu 2021

Press Release GEMILANG: Peran IA-ITB dalam Merdeka Belajar

BANDUNG– Kampus Merdeka sebagai bagian dari kebijakan Merdeka Belajar yang diinisasi oleh Kementeran Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Kemenbudristek) mulai diimplementasikan secara masif pada Semester I Tahun Ajaran 2021/2022 ini. Ikatan Alumni ITB (IA-ITB), sebagai organisasi yang menaungi seluruh alumni ITB, turut serta meramaikan dengan adanya Program GEMILANG.

 

Program GEMILANG adalah program kolaborasi antara IA-ITB dengan ITB dalam seluruh lingkup Kampus Merdeka: Studi Independen, Kegiatan Kewirausahaan, Magang Kerja, Riset, Asisten Mengajar, Pertukaran Pelajar, Proyek Kemanusiaan, dan Kegiatan Kemanusiaan. Untuk tahun ajaran ini, Program GEMILANG dimulai dengan Pilot Project yang berupa Studi Independen untuk 2 (dua) modul, yakni Sustainable Energy dan Energy Management. Dua modul ini diperuntukkan untuk mahasiswa ITB yang minimal menempuh semester 5 (lima).

 

Sebagai bentuk awal dari rangkaian kerja sama, Program GEMILANG dibuka dengan Pre-event yang mengangkat Tema “GEMILANG: Peran IA-ITB dalam Merdeka Belajar”. Jumat (20/08/2021) lalu, Santo Dewatmoko selaku Menteri Pengembangan Karir dan Bisnis Alumni IA-ITB memberikan Welcoming Remarks kepada seluruh peserta yang hadir dalam Pre-event. Acara dilanjutkan dengan Opening Speech dari Gembong Primadjaja sebagai Ketua Umum IA-ITB dan Dede Koswara sebagai Kepala Kantor Kealumnian ITB.

 

Ketua umum IA-ITB menyatakan peran alumni untuk membantu kemajuan Pendidikan di ITB dalam menciptakan bibit unggul di masa depan. Selain itu, Kepala Kantor Kealumnian ITB mengkonfirmasi minat alumni yang begitu besar dalam berkontribusi sesuai dengan data yang dimiliki oleh Kantor Kealumnian ITB.

 

Acara puncak dari Pre-event GEMILANG tersebut adalah sesi Talkshow bersama Arcandra Tahar, Komisaris Utama PT PGN sekaligus Wakil Menteri ESDM 2016-2019 yang berjudul “Generasi Tangguh untuk Sektor Energi Masa Depan”. Pentingnya peran pemuda di masa yang akan datang membuat Kampus Merdeka menjadi wadah yang tepat untuk mahasiswa mengembangkan keahliannya.

 

Sebagai penutup acara, Sandro Mihradi, selaku Ketua Prodi Teknik Mesin ITB membuka secara resmi Pilot Project GEMILANG untuk tahun ajaran ini sekaligus sosialisasi terkait teknis dari dua kelas tersebut. Pertemuan akan diselenggarakan sebanyak 16 kali yang akan dilaksanakan setiap akhir pekan untuk masing-masing kelas. Pertemuan ini juga akan memberikan studi kasus yang diberikan kepada kelompok peserta untuk diselesaikan selama periode kelas berlangsung. Tak hanya itu, Anggota MWA ITB (Wakil Mahasiswa), Taufiq Narendra, menyampaikan pula aspirasi dari mahasiswa untuk keberlangsungan Program Kampus Merdeka di ITB. Himpunan Mahasiswa ITB seharusnya memiliki program kerja yang bisa konversi menjadi SKS seperti pengabdian masyarakat dan proyek kemanusiaan.