Single Blog Title

This is a single blog caption
24 Agu 2021

Masyarakat Serbu Vaksinasi Ganesha: Perjuangan Bersama Ciptakan Herd Immunity

Membludaknya masyarakat yang datang untuk mendapatkan vaksin di Sabuga menujukan bahwa animo masyarakat terhadap program vaksinasi sangat tinggi. Diluar dugaan semula, yang biasanya para pendaftar yang telah konfirmasi hadir dan mendapat jadwal saja yang datang hanya sebagian kecil, malah pada hari-hari awal Sabuga diserbu ribuan warga yang mencoba untuk mendaftarkan diri di tempat.

 

Warga yang datang kebanyakan adalah warga yang sebetulnya tidak terjangkau dengan teknologi informasi yang selama ini banyak dilakukan oleh kebanyakan penyelenggara vaksinasi masal. Banyak yang tidak memilki gadget atau memilikipun tidak memadai sebagai perangkat smartphone. Ada rombongan warga yang hanya berbekal fotocopy KTP atau Kartu Keluarga lusuh rela berpanas-panasan hanya untuk mendapat vaksin walaupun harus menunggu hanya dimasukan dalam “daftar tunggu” mana tahu yang telah mendapat QR Code dan mendapat jadwal seharusnya tidak datang. Ada juga pula ibu-ibu sedang menyusui dengan menggendong bayi dan dengan dua anak disamping kiri kanannya. Anak-anak 12 tahunan pun harus dipandu dan diantar oleh ayah bundanya atau kakaknya sehingga memperpanjang antrian dan cenderung sulit mempertahankan social distancing.

 

Panitia pun telah kerja keras membantu peserta yang kesulitan menulis bahkan kurang mahir membaca dan menulis dan ada yang sama sekali buta huruf. Mudah-mudahan pengalaman ini menjadi catatan penting bagi penyelengaraan vaksinasi masal. Bahwa masyarakat kita tidak semua melek teknologi. Tapi dengan telaten dan rasa tanggung jawab yang tinggi panitia tetap berkeinginan untuk melayani semua yang telah berjuang datang ke Sabuga.

 

Dihari berikutnya Panitia Vaksinasi Ganesha dengan dibantu para relawan dari komponen mahasiswa, alumni dan masyarakat umum lainnya juga tenaga kesehatan yang berdedikasi tinggi lebih baik dan lebih baik lagi. Uluran tangan dari aparat kewilayahan setempat, Camat, Polsek, Babinsa bahkan Linmas setempat (Coblong) pun terus bertambah, untuk membantu kelacaran kegiatan. Sponsor pun bertambah yang membantu menyediakan minuman untuk para peserta yang kehausan saat harus antri daftar dan menunggu divaksin.

 

Semoga acara yang masih akan berlangsung dalam beberapa hari kedepan akan terus membaik dan bertambah lancar.

 

Terima kasih untuk para Tamu ITB Pejuang Kesehatan yang semangat melawan pandemi Covid-19. Semoga pandemi segera berlalu.

 

Maju terus Alumni ITB untuk berdermabakti.

 

In Harmonia Progressio, untuk Tuhan Bangsa dan Almamater.