Single Blog Title

This is a single blog caption
12 Nov 2020

Onno W. Purbo

Ir. Onno W. Purbo, M.Eng., Ph.D., adalah seorang tokoh dan pakar di bidang teknologi informasi. Selain pakar, Onno juga dikenal sebagai penulis, pendidik, dan pembicara seminar. Sebagai aktivis Onno dikenal dalam upayanya memperjuangkan Linux. Karya inovatifnya diantaranya adalah Wajanbolic, sebagai upaya koneksi internet murah tanpa kabel dan RT/RW-Net sebagai jaringan komputer swadaya masyarakat untuk menyebarkan internet murah, serta penerapan Open BTS.

 

Onno memulai pendidikan akademis di ITB pada jurusan Teknik Elektro pada tahun 1981 dan lulus dengan predikat wisudawan terbaik, kemudian pada tahun 1989 melanjutkan studi ke Kanada dengan beasiswa dari PAUME. Ia mendapat gelar Ph.D dari Universitas Waterloo, Kanada, di bidang Teknologi Rangkaian Terintegrasi untuk satelit.

 

Ia aktif menulis dalam bidang teknologi informasi media, seminar, konferensi nasional maupun internasional dan percaya filosofi copyleft (sumber terbuka), banyak tulisannya dipublikasi secara gratis di internet.

 

Banyak karya telah dihasilkan Onno W. Purbo dalam bentuk tulisan bebas yang dipublikasi di internet, buku, publikasi internasional, dan distro linux. Berbagai penghargaan juga telah ia terima baik di tingkat nasional maupun internasional.

 

Pada tahun 2020 ini Onno W. Purbo menerima Jonathan B Postel Service Award dari Internet Society (ISOC) atas jasa-jasanya dalam dunia internet.