Single Blog Title

This is a single blog caption
4 Nov 2020

Billy Mambrasar

Gracia Josaphat Jobel Mambrasar atau yang lebih akrab dengan sebagai Billy Mambrasar lahir di Serui, Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua, 17 Desember 1988 adalah seorang pemuda asal Papua Pendiri Yayasan Kitong Bisa, yang bergerak dalam bidang pendidikan informal, menyediakan pendidikan untuk anak-anak kurang mampu dengan fokus di Papua dan Papua Barat. Billy Mambrasar menjabat sebagai salah satu dari 11 Staf Khusus Presiden RI Joko Widodo untuk periode kedua (2019-2024).

 

Billy Mambrasar menyelesaikan gelar S1 dalam bidang teknik, dari Institut Teknologi Bandung, Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (TA03). Billy Mambrasar kemudian mendapatkan gelar Master dalam Bidang Administrasi Bisnis, dari The Australian National University, dan lulus dengan dinobatkan sebagai Student of the Year pada tahun 2015 dan kemudian menempuh pendidikannya di Said Business School, Universitas Oxford. Billy menjadi seorang penerima beasiswa LPDP, dari Kementerian Keuangan, untuk melanjutkan pendidikannya di Amerika Serikat. Billy merupakan penerima beasiswa LPDP Angkatan PK 128. Billy adalah anak asal Papua pertama yang berhasil tembus ke Universitas Harvard, sebuah kampus yang sulit ditembus dan bereputasi sangat tinggi, serta terkenal melahirkan banyak Presiden Amerika Serikat.

 

Kontribusi Terhadap Pembangunan di Indonesia, Billy Mambrasar juga adalah seorang duta Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau SDG Indonesia tahun 2019-2021, ditunjuk oleh Menteri Badan Perencanaan Pembangunan Nasional BAPPENAS, dan telah diundang berbicara di berbagai forum baik Nasional maupun internasional.[14] Dalam tugasnya sebagai Duta SDGs, Billy aktif mengadvokasi dalam acara-acara seminar nasional, maupun internasional, untuk mengurangi jumlah sampah plastik di lautan Indonesia.

 

Selain itu, Billy Mambrasar juga telah mengadakan berbagai pelatihan bisnis di berbagai tempat di Indonesia, untuk mendorong terciptanya pengusaha muda dari Tanah Papua yang akan membantu meningkatkan perekonomian dan mengurangi kemiskinan di Tanah Papua.

 

Setelah ditunjuk sebagai Staf Khusus Presiden RI, Billy Mambrasar telah melakukan kunjungan ke lebih dari 10 kota, seperti: Meulaboh, Aceh Barat, Semarang, Jawa Tengah, Ambon, Maluku dan Sorong, Papua Barat Jayapura, Papua. Dalam kunjungan-kunjungan tersebut, Billy Mambrasar bertemu dengan ribuan milenial, untuk mendengar aspirasi mereka, dan menjadikannya sebagai masukan untuk kebijakan pembangunan Presiden.

 

Billy Mambrasar juga saat ini ditunjuk oleh Presiden RI, untuk mengawasi proses pembangunan pusat pembinaan kewirausahaan di Provinsi Maluku dan Provinsi Papua yang disebut dengan Papua Youth Creative Hub Harapan dengan adanya pusat pengembangan wirausahawan muda di kedua provinsi ini, harapannya adalah adanya pengurangan tingkat kemiskinan dan pengangguran di kedua provinsi tersebut.