Single Blog Title

This is a single blog caption
4 Nov 2020

Andi Taufan Garuda Putra

Andi Taufan Garuda Putra lahir di Jakarta, 24 Januari 1987 adalah seorang pendiri lembaga peer to peer Lending bernama Amartha. Pada tahun 2019, ia diangkat menjadi salah satu Staf Khusus Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

 

Taufan adalah seorang sarjana Manajemen Bisnis Institut Teknologi Bandung (SBM04). Ia melanjutkan pendidikan hingga memperoleh gelar Master of Public Adminstration dari Harvard University pada 2016.

 

Selepas menyelesaikan pendidikan sarjana, Taufan bekerja sebagai konsultan bisnis untuk IBM Global Business Services selama dua tahun. Namun, ia melihat banyak masyarakat Indonesia kesulitan untuk mendapatkan akses finansial. Pada tahun 2009, Taufan meninggalkan pekerjaannya dan mendirikan Amartha.

 

Perkenalannya dengan lembaga keuangan mikro dimulai pada tahun 2009, saat ia memberi pinjaman untuk usaha mikro di Ciseeng, Bogor, Jawa Barat. Ia mendirikan Amartha untuk memberikan akses keuangan kepada masyarakat desa yang selalu terlibat hutang dengan rentenir. Melalui pendekatan sosial bisnis, Taufan membuat lembaga keuangan dengan sistem yang mudah menggunakan pola pembiayaan kelompok. Selesai melanjutkan masa studinya di Harvard University, ia mengubah Amartha dari lembaga keuangan mikro konvensional menjadi peer-to-peer lending yang menghubungkan investor dengan usaha mikro di pedesaan melalui pemanfaatan teknologi.