Single Blog Title

This is a single blog caption
2 Oct 2020

Diskusi Rumah Amal Salman dengan Kantor Kealumnian ITB

Jum’at 2 Oktober 2020 Kantor Kealumnian ITB berkesempatan untuk berdiskusi secara daring dengan Rumah Amal Salman. Rumah Amal Salman merupakan lembaga amil zakat kota Bandung yang memiliki program utama berbasis Pendidikan, pencetak leading figure pembangun peradaban.

 

Rumah Amal Salman dikelola oleh pengurus-pengurus muda yang sebagian besar merupakan Alumni ITB seperti Romi Hardiyansyah (Teknik Fisika 2009), Agis Nurholis (Teknik Tenaga Listrik 2010), Ahmad Miftahul Anwar (Teknik Material 2014), Alfiyah Nur Fitriani (S1 Meteorologi 2011 / S2 Teknik Lingkungan 2015) telah berkontribusi secara luas kepada masyarakat termasuk didalamnya berkontribusi terhadap ITB dan Alumni ITB dalam berbagai bidang seperti:

  1. Pendidikan, dengan pemberian beasiswa dan pembinaan karakter bukan hanya kepada mahasiswa ITB tetapi juga kepada masyarakat umum
  2. Kemanusiaan, dengan pemberian bantuan kepada korban-korban bencana alam
  3. Layanan Kesehatan, dengan kegiatan seperti donor darah dan layanan Ambulans

Kolaborasi Rumah Amal Salman dengan ITB melalui Lembaga Kemahasiswaan, Direktorat Sarana dan Prasarana, LPPM, Dosen, IA ITB, Komunitas Alumni ITB, Salam Ganesha, KM ITB, Himpunan, serta unit-unit lainnya telah menghasilkan beberapa teknologi tepat guna seperti:

  1. Hunian Sementara & Shelter Bambu Portable
  2. Ventilator High Flow Nasal Cannula (HFNC)
  3. Filter Air Bersih Darurat
  4. Biskuit Tepung Mocaf
  5. Wi-Fi Call
  6. Ventilator Vent-I (dimana Rumah Amal Salman menjadi salah satu pendukung utama dalam riset dan produksi)

Melalui kolaborasi ini juga, Rumah Amal Salman mengambil peran dalam memperbanyak siswa dhuafa untuk masuk ITB, berpartisipasi dan memfasilitasi riset mahasiswa dan dosen ITB, membantu pemenuhan kesejahteraan mahasiswa ITB dalam hal biaya kuliah dan biaya hidup, membantu peningkatan kesejahteraan pegawai lapangan ITB, membantu peningkatan kesejahteraan alumni ITB, layanan ambulans dan pemulasaraan jenazah bagi civitas akademika ITB, serta peningkatan ruhani dan pemikiran mahasiswa melalui program ITB Spiritual Camp.

 

Secara khusus, dalam diskusi ini digagas kolaborasi yang lebih intens diantara Rumah Amal Salman dengan Kantor Kealumnian ITB. Kedepan akan menjalin kerja sama dan saling dukung dalam berbagai kegiatan baik itu program-program Kantor Kealumnian maupun Rumah Amal Salman. 

 

Dok. Foto

 

Dok. Foto

 

Dok. Foto

Questions? Let's Talk!