Single Blog Title

This is a single blog caption
24 Aug 2020

Identitas Visual Logo 100 Tahun ITB & PTTI

Dalam rangka 100 Tahun ITB dan Peringatan Pendidikan Teknik di Indonesia, ITB telah meluncurkan identitas visual yang telah banyak digunakan di berbagai acara yang terkait dengan peringatan 100 Tahun ITB & PTTI. Identitas visual tersebut merupakan karya dari alumni ITB Iman Sudjudi (SR 77) yang juga dosen Prodi Desain Komunikasi Visual FSRD ITB.

 

Logo 100 Tahun ITB & Pendidikan Tinggi Teknik di Indonesia

 

Arti dan Makna Logo

Konsep Desain Logo 100 Tahun ITB & Pendidikan Tinggi Teknik di Indonesia, ide dasarnya bertitik tolak dari logo THS (Technische Hoogeschool te Bandoeng) 1920 sebagai cikal bakal ITB, dipadu dengan bentuk huruf avant garde yang bersifat sederhana, matematis dan juga font yang lahir jaman itu pada era bauhaus.

 

Logo THS (Technische Hoogeschool te Bandoeng) 1920

 

Atas dasar itu, bentuk logo dipadukan dengan karakter engineering yang disimbolkan oleh bentuk roda gigi serta bentuk jangka yang diambil dari elemen logo ITB 1920 (THS) untuk merepresentasikan teknik dan perancangan.

 

Warna menggunakan skala warna masa kini yang berbasis flat design, untuk mencitrakan kekinian dan perubahan jaman, diterapkan pada setengah badan logo untuk memberikan kesan dinamis dan mengalir, merepresentasikan 100 Tahun ITB & PTTI yang selalu adaptif terhadap perkembangan jaman.

 

Dalam penerapan logo ini dapat diterapkan dalam warna tunggal 1 (satu) warna hitam atau bisa juga diapositifnya.

 

Impresi visual: simpel, modern, teknologis dan kekinian.

 

Panduan Warna Logo

Psikologi Warna (Henry Dreyfuss): Biru reperesentasi Teknologi, Hijau representasi Sains, Pink representasi Seni.

 

Logo 100 Tahun ITB memiliki 3 warna resmi yaitu : Biru, Hijau dan Pink. Warna penuh digunakan untuk kepentingan komunikasi eksternal yang memerlukan dampak visual yang kuat.

 

Tipografi

Huruf/Tipografi yang digunakan adalah rumpun huruf Myriad pro yang memiliki karakter, bersih, sederhana, jernih dan modern.

 

Official Merchandise 100 Tahun ITB & PTTI

ITB bekerja sama dengan Koperasi Keluarga Pegawai (KKP) ITB secara ekslusif mencantumkan Logo 100 Tahun ITB & PTTI pada berbagai Official Merchandise yang dapat diperoleh masyarakat umum melalui tautan: http://kkpitb.id/berita/detail/200800000009/official_merchandise

Questions? Let's Talk!