Single Blog Title

This is a single blog caption
23 Jul 2020

Setelah Ventilator, Apalagi?

Bersama UNPAD dan Salman ITB, ITB berhasil merancang dan memproduksi Vent-I, ventilator CPAP. Produk ini telah lulus berbagai uji, termasuk uji klinis yang sangat ketat, dan sudah lebih dari 500 unit yang telah didistribusikan ke dan dipakai oleh berbagai rumah sakit secara gratis. Ratusan ventilator lagi saat ini sedang dalam proses produksi, dan sampai program berakhir nanti insya Allah hampir 1000 unit ventilator akan dibagikan ke berbagai rumah sakit.

 

Yang sangat membanggakan, semua itu dilakukan secara mandiri oleh masyarakat. Biaya yang milyaran rupiah itu sepenuhnya berasal dari donasi masyarakat. Maka terbuktilah sekali lagi bahwa Indonesia adalah salah satu negara yang masyarakatnya paling dermawan, seperti hasil survey sebuah lembaga kredibel tingkat international.

 

ITB harus berbangga punya talenta unggul yang sangat peduli pada lingkungannya. Sekelompok peneliti dari berbagai sekolah dan fakultas di ITB kini sedang bekerja keras untuk mengembangkan kandidat vaksin Covid-19. Mereka bekerja secara sukarela. Mereka bekerja murni karena dorongan hati nurani bahwa pandemi Covid-19 tidak boleh dibiarkan. Ventilator yang sifatnya kuratif tidak cukup. Harus ada upaya preventif supaya masyarakat Indonesia tidak terus-terusan khawatir menghadapi Covid-19.

 

Walaupun tidak ada jaminan untuk sukses, upaya mulia itu layak didukung semua pihak. Berbeda dengan ventilator, membuat kandidat vaksin Covid-19 tentu saja tidak se-straight forward membuat ventilator. Ketekunan, kerja keras dan kerja cerdas saja tidak cukup. Ketidakpastiannya sangat tinggi, buanyak sekali faktor yang mempengaruhinya. Apalagi kalau dananya terbatas.

 

SESAMA sebuah unit kerja dibawah Yayasan Solidirity Forever, bekerjasama dengan IA ITB turun tangan membantu para peneliti yang sangat berdedikasi itu. SESAMA membuka diri terhadap keluarga besar ITB untuk bergotong royong membantu dengan berbagai bentuk dulungan dari lingkungannya masing masing apakah ikatan alumni program studi, komisariat alumni angkatan, komisariat alumni daerah, komunitas lari, komunitas sepwdah komunitas musik dan lain-lain.

 

Hari Tjahjono
Teknik Mesin 84

Questions? Let's Talk!